VIDEO. CGTN, suara China di layar kami

CGTN adalah saluran televisi pemerintah Tiongkok internasional, tersedia dalam lima bahasa, termasuk Prancis. Di udara, misalnya, pesona wisata Provinsi Xinjiang dipuji. Jauh dari gambaran konflik politik yang mengguncang kawasan, di mana sebagian komunitas internasional mengecam penganiayaan terhadap minoritas Muslim Uyghur.

Di depan kamera CGTN, Olivier Grandjean dari Prancis, yang dipekerjakan oleh China, tidak mengangkat topik tersebut. Saat dihubungi, ia memperkenalkan dirinya sebagai pembawa acara resepsi yang tidak berpolitik, menolak mengomentari baris editorial di salurannya.

Orang Prancis lainnya direkrut untuk membela rezim Tiongkok dan berkomunikasi di Eropa. Beberapa, dengan nama samaran, secara terbuka mengkritik posisi Barat, seperti jurnalis ini di situs CGTN : “Saya tidak mengklaim mengetahui segalanya tentang Xinjiang kurang dari sepuluh kali di sana, tetapi apa yang saya lihat di sana sama sekali tidak sesuai dengan apa yang dikatakan beberapa media Barat.”.

Di antara orang Prancis ini, hanya Elodie Buzaud yang setuju untuk berbicara dengan kami. Dia bekerja untuk CGTN di Beijing 4 tahun lalu, direkrut oleh Kementerian Luar Negeri China. Dia bertanggung jawab untuk menerjemahkan informasi yang diberikan oleh rezim ke dalam bahasa Prancis. “Padahal, kedekatan antara partai dan rantainya sangat terlihat, “dia ingat.”Karena ada pertemuan anggota Partai Komunis setiap hari Selasa!

CGTN adalah kendaraan komunikasi Partai Komunis China (PKC) di luar negeri. Dan itulah tepatnya yang melarangnya dari Inggris pada awal Februari 2021: LSM Safeguard Defenders menyita gendarme telekomunikasi Inggris. Peter Dahlin, direkturnya, menuduh CGTN melakukan propaganda:bahayanya CGTN adalah bekerja sama dengan polisi Tiongkok untuk menyebarkan pengakuan di bawah penyiksaan terhadap jurnalis, pengacara, atau pembela hak asasi manusia.

READ  London menawarkan visa yang lebih lama untuk jutaan orang Hong Kong yang berusaha melarikan diri dari penindasan Tiongkok

Bagaimana saluran ini, dilarang dari Inggris, akhirnya disiarkan dari Prancis? Bahkan, itu disiarkan melalui operator satelit Prancis, Eutelsat. Dan hukum Prancis tidak memerlukan persetujuan sebelumnya untuk ini. Oleh karena itu, Dewan Audiovisual Unggul tidak dapat menentangnya dalam bentuk, tetapi bermaksud untuk waspada terhadap isinya.

Jika terjadi pelanggaran, terutama yang berkaitan dengan kejujuran informasi dan harkat kemanusiaan, sangat memungkinkan untuk mengintervensi dan mengambil tindakan hukum dengan memerintahkan Eutelsat untuk memutus sinyal.

Roch-Olivier Maistre

Ketua CSA

Di situsnyaCGTN menyesalbeberapa media Prancis secara sistematis menentang media China tanpa repot-repot mendengarkannyaBaik saluran maupun kedutaan besar China di Prancis tidak menanggapi permintaan wawancara kami.

Keputusan OFCOM tentang pencabutan izin penyiaran CGTN di Inggris Raya

“Kontroversi seputar artikel propaganda televisi pemerintah China tentang orang Uighur”, Nathalie Guibert, Le Monde, 31 Maret 2021

“Rahasia pena misteri untuk melayani China”, Sébastien Falletti, Le Figaro, 2 April 2021

“China dan berita palsu: Manikheisme ini yang akan kehilangan sebagian intelektual Prancis”, CGTN, 1 April 2021

” Ma ‘Xinjiang: hentikan tirani berita palsu’; Laurène Beaumond, CGTN, 28 Maret 2021

Daftar tidak lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *